Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di komputer dan Laptop
Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di komputer dan Laptop

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di komputer

Posted on

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di komputer dan Laptop – Pernahkah Anda mengalami flash drive tidak terdeteksi saat dicolokkan ke port USB laptop atau komputer? Jangan panik dan Anda akan kehilangan file. Pasalnya, cara mengatasi unread flash bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Flashdisk sendiri sering digunakan untuk kebutuhan menyimpan file-file penting. Bentuk flashdisk yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana menjadikan flashdisk sebagai perangkat penyimpanan yang cukup populer.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di komputer dan Laptop

Dan ketika flashdisk tidak terdeteksi, mungkin akan membuat sebagian orang khawatir file-file yang ada di dalamnya akan hilang. Anda tidak perlu khawatir akan hal itu, karena Anda bisa memperbaikinya dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Periksa Port USB

Solusi pertama untuk menyiasati flash yang tidak terbaca adalah dengan memeriksa port USB yang digunakan. Karena kemungkinan masalahnya dari port USB membuat flashdisk yang terpasang tidak terdeteksi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menghubungkan flash drive ke port USB di laptop lain. Jika flashdisk bisa terbaca di laptop lain, maka masalahnya berasal dari port USB di laptop sebelumnya.

Port USB yang tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh kondisi dimana terdapat debu atau kotoran pada port USB yang menyumbat flashdisk saat dimasukkan dan membuatnya tidak terdeteksi.

2. Instal Ulang Driver USB

USB driver merupakan komponen penting agar flashdisk bisa terbaca di laptop dan komputer. Dan jika driver USB mengalami masalah, kinerja laptop atau PC Anda akan terpengaruh saat flash dipasang.

Cara memperbaiki flash drive yang tidak terbaca:

  • Instal flash drive di laptop terlebih dahulu.
  • Kemudian klik kanan pada logo Windows dan pilih Device Manager.
  • Di Device Manager, klik opsi Universal Serial Bus Controllers.
  • Klik kanan pada perangkat penyimpanan massal USB dan pilih Uninstall device.
  • Restart laptop Anda dan coba flash drive lagi.

Dengan menghapus driver, driver akan dihapus dari sistem laptop. Dan ketika Anda menginstal ulang flashdisk, driver akan menginstal ulang seperti baru.

3. Format Flashdisk lewat Disk Management

Selain kemampuan untuk memindai dan memperbaiki flash drive, Disk Management juga dapat digunakan untuk memformat flash drive yang tidak terdeteksi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Pertama, instal flash drive di komputer atau laptop Anda.
  • Kemudian tekan CTRL + R pada keyboard Anda.
  • Ketik compmgmt.msc di bidang Jalankan dan tekan Enter.
  • Kemudian klik menu Manajemen Disk.
  • Klik kanan pada flash disk dan pilih opsi Format.
  • Tunggu saja proses pemformatan selesai.

Kini semua masalah di flashdisk akan teratasi dengan mudah. Alasannya adalah memformat, flashdisk akan direset ke pengaturan awal seperti baru.

Demikianlah Pembahasan mengenai Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di komputer dan Laptop, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *