Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Di Semua Windows

Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Di Semua Windows – Kursor adalah bagian penting dari sebuah komputer dan sangat berguna bagi pengguna komputer. Tanpa indikator ini tentunya pengguna komputer akan kebingungan karena tidak ada indikator di PC atau laptopnya.

Tanpa kursor ini kita juga akan kesulitan saat ingin membuka aplikasi yang kita inginkan karena kita tidak bisa mengklik aplikasi yang ingin kita buka karena tidak ada kursor.

Sehingga dapat dipastikan bahwa indikator ini memiliki peranan yang sangat penting agar komputer dapat digunakan dengan baik. Namun terkadang indikator juga mengalami error seperti loading terus menerus, indikator rusak dan terkadang indikator yang kita gunakan tidak mau bergerak.

Tentu hal ini akan mengganggu aktivitas kita menggunakan komputer. Nah kali ini Teknoinside akan memberikan tutorial cara mengatasi kursor tidak bergerak di windows 7,8,10.

Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Di Windows

Ada dua cara agar kursor berfungsi seperti sebelumnya, yaitu dengan menekan FN + F7/F9 untuk menonaktifkan kursor atau kursor yang dibekukan.

Metode kedua lebih panjang dari yang pertama, dan berikut adalah metode kedua untuk menangani pointer atau kursor tidak bergerak:

1. Masuk ke Control Panel

Cara masuk ke Control Panel berbeda untuk setiap jendela, namun cara ini bisa digunakan untuk masuk ke Control Panel untuk semua jenis jendela yaitu dengan mengetik “Control Panel” di menu pencarian Start Menu.

2. Klik Hardware and Sound

Kemudian silahkan masuk ke Hardware and Sound.

3. Klik Mouse

Setelah itu, Anda akan melihat layar seperti gambar di bawah ini. Di perangkat dan printer, silakan klik mouse.

4. Klik Enable

Silahkan masuk ke tab device settings atau di Windows versi lain yang disebut ELAN, nah disana silahkan klik aktifkan lalu terapkan pengaturan ini dan klik ok

Untuk langkah selanjutnya, jika Anda merasa langkah pertama belum berhasil, Anda bisa melakukan beberapa perbaikan, dan pastikan dilakukan oleh ahlinya, agar tidak ada masalah lagi. Berikut beberapa faktor yang membuat indikator tidak bergerak.

  • Kabel unconnected: Umumnya karena kabel terputus, sehingga tidak ada koneksi antara mouse/touchpad dan laptop atau komputer.
  • Lampu mati: Jika lampu merah seperti sensor di mouse mati. Jadi tidak bisa dipindahkan lagi.
  • Touchpad rusak: Jika touchpad rusak, harus diganti. Karena sangat sedikit orang yang dapat memperbaiki touchpad, alternatifnya adalah mengganti touchpad sesuai dengan merek dan jenis laptop.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Kursor Tidak Bergerak Di Semua Windows

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *