Cara Mengatasi Scanner Printer Error tidak bisa scan

Cara Mengatasi Scanner Printer Error tidak bisa scan – Printer adalah salah satu perangkat yang paling umum saat ini biasanya digunakan untuk mencetak data atau file di atas kertas. Nah, di dalam printer juga terdapat scanner. Terkadang partisi ini crash dan tidak berfungsi dengan baik. Jika masalah ini terjadi, tentu saja akan membuat fungsinya tidak berfungsi dengan baik.

Namun jangan khawatir, kali ini Teknoinside akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan berpikir dulu untuk membawanya ke service center atau bahkan membeli yang baru. Terkadang, pemindai tidak berfungsi karena beberapa hal yang mudah diperbaiki.

Cara Mengatasi Scanner Printer Error tidak bisa scan

Penasaran ingin tahu solusinya, silahkan simak penjelasan di bawah ini untuk memperbaiki printer scanner tidak bisa digunakan error.

1. Setel ulang printer

Tips pertama yang bisa Anda coba adalah dengan mereset printer. Cara ini terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah printer. Silakan ikuti petunjuk berikut:

  • Hidupkan printer terlebih dahulu dengan menekan tombol power.
  • Selanjutnya, lepaskan kabel dari sumber listrik.
  • Biarkan selama 15 detik, lalu sambungkan kembali ke sumber listrik.
  • Printer akan otomatis hidup kembali, jika tidak tekan tombol power.
  • Terakhir, Anda dapat mencoba menjalankan tes pemindaian jika kembali berfungsi dengan baik.

2. Instal ulang perangkat lunak printer

Tidak hanya komputer atau laptop, ketika printer mengalami masalah kita juga bisa menginstall ulang software printer.

Biasanya ada CD yang disertakan untuk Anda melakukan proses instalasi. Ini adalah tutorial yang saya harap akan membantu:

  • Harap hapus instalan aplikasi printer yang diinstal.
  • Selanjutnya, ambil CD instalasi dan masukkan ke dalam CD.
  • Biasanya proses instalasi akan muncul secara otomatis.
  • Jalankan instalasi seperti biasa sampai selesai.

Di sini, Anda telah berhasil memperbarui perangkat lunak printer yang diinstal di komputer atau komputer Anda. Coba cek lagi apakah berfungsi normal atau tidak.

3. Pastikan driver dapat bekerja dengan baik

Secara umum, setiap perangkat akan membutuhkan driver tertentu untuk berfungsi dengan baik. Nah, jika drivernya sendiri tidak terpasang dengan benar, misalnya corrupt, maka tentunya juga tidak bisa bekerja secara maksimal.

Akibatnya menimbulkan berbagai masalah lain. Silakan periksa driver yang diinstal pada perangkat Anda. Pastikan juga driver tersebut kompatibel dan kompatibel dengan komputer atau laptop Anda.

4. Perhatikan partisi disk yang digunakan untuk instalasi

Biasanya harddisk dibagi menjadi beberapa partisi, misalnya C dan D yang umumnya digunakan untuk sistem atau aplikasi. Dan untuk bagian lain yang berhubungan dengan data pribadi pengguna.

Namun terkadang ada juga orang yang mungkin tidak mengetahui partisi D atau salah menggunakannya sebagai tempat menyimpan data instalasi software atau driver.

Ini sebenarnya bukan masalah besar, tapi terkadang bisa menimbulkan masalah juga. Akan lebih baik jika Anda mengumpulkan data sistem atau aplikasi di C-section.

5. Pastikan port dan kabel dalam kondisi baik

Sebagai media koneksi, port dan kabel sangat penting. Jika tidak dalam kondisi yang baik, maka tentunya dapat menimbulkan berbagai masalah.

Silahkan dicek apakah statusnya masih serviceable dan bisa berfungsi dengan baik. Jika sudah tua, Anda bisa membeli kabel baru sebagai pengganti.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Scanner Printer Error tidak bisa scan, jika sobat semua mempunyai cara yang terbaik silahkan bagiklan melalui kolom komentar ya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *