Flashdisk The Disk is Write Protected ? Begini Cara Mengatasinya

Flashdisk The Disk is Write Protected – Write protected adalah keadaan dimana flashdisk kita terkunci, sehingga pengguna tidak bisa memformat, menambah atau bahkan menghapus data.

Fitur Write Protected dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk asal mula flash drive dari komputer, virus, dll. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat melakukan banyak hal, seperti menggunakan Command Prompt, Regedit, atau bantuan aplikasi pihak ketiga.

Metode paling sederhana yang disarankan untuk menyelesaikan masalah flash yang dilindungi penulisan adalah dengan menggunakan perintah yang ada di command prompt. Cara ini termasuk cara yang cukup mudah, karena setiap komputer Windows pasti sudah memilikinya secara default.

Cara Mengatasi Flashdisk The Disk is Write Protected

  1. Hubungkan flashdisk dengan komputer.
  2. Buka Command Prompt sebagai Administrator.
  3. Ketik perintah diskpart.
  4. Kemudian perintah list disk, dan select disk saya, ganti saya dengan nomor untuk flashdisk.
  5. Ketik attributes disk clear readonly, setelah selesai ketik perintah clean.
  6. Ketik list volume dan select volume yang tertulis unusable
  7. Lalu ketikan format fs=fat32 atau format fs=ntfs sesuai format disk yang diinginkan.
  8. Setelah itu ketik exit.

Perlu diingat bahwa setiap kali Anda mengetik perintah di Command Prompt, pengguna juga harus menekan tombol Enter untuk mengaktifkan perintah tersebut.

Jika menggunakan Command Prompt tidak berhasil, pengguna dapat mengganti flash yang dilindungi penulisan menggunakan Registry Editor (Regedit). Untuk menggunakan Regedit untuk memecahkan masalah flash drive yang dilindungi penulisan, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Regedit dengan menekan tombol Windows + R dan ketikan Regedit diikuti tombol Enter
  2. Masuk ke bagian  HKEY_LOCAL_MACHINE kemudian SYSTEM lalu CurrentControlSet cari Control dan masuk ke StorageDevicePolicies
  3. Cari opsi WriteProtect, klik kanan di opsi tersebut dan pilih Modify
  4. Lalu ubah value data ke angka 0, dan klik OK
  5. Jika sudah, cabut flashdisk, restart komputer, dan tancapkan flashdisk kembali untuk memformatnya

Jika kedua cara di atas gagal, maka alternatif lain adalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah Fat32 Format Tool GUI.

Untuk menggunakannya, tentunya setiap aplikasi memiliki cara yang berbeda-beda. Pengguna dapat mengikuti dokumentasi di situs web resmi aplikasi atau mencarinya melalui mesin pencari.

Demikianlah pembahasan dari teknofan.net tentang Flashdisk The Disk is Write Protected, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *